Posted by: scootman | August 22, 2007

TEHNIK DASAR MOTOR VESPA

Created design By : N. DIVA TANJAYA 045 (VIOERS TANGERANG BANTEN)

PENDAHULUAN

Dengan hormat,

Secara fisik, Skuter adalah jenis kendaraan bermotor roda dua (2)  dimana pengendara dimanjakan dengan kontruksi kendaraan yang unik dan nyaman juga keamanannya dalam mengendarai. Menurut Sejarah, Skuter dalam bahasa Italy adalah ” Tawon” hal ini terobsesi dari bentuk atau skuter yang menyerupai Tawon. Skuter yang terlahir dari negara Italy ini di produksi oleh Piaggio ini bermerkkan VESPA

Keberadaan Vespa di Indonesia ternyata bisa menyatukan ratusan orang dan membuat mereka bersaudara atau lebih kerennya di sebut BROTHERHOOD. Berawal dari saling bertukar informasi diantara penggemar- penggemar vespa, hubungan ini kian erat dan akhirnya terjalin persaudaraan Yang melahirkan Club atau Komunitas yang tidak menonjolkan ego individu, tetapi hal ini lebih untuk membentuk persaudaraan dalam satu Komunitas guna mempererat tali persaudaraan antara sesama penggemar vespa.

Bertolak ukur dari hal di atas tiada maksud dari saya untuk menyombongkan diri, maksud dan tujuan saya tidak lain berbagi pengalaman dan bertukar pikiran kepada rekan-rekan sekalian. Adapun kelebihan dan kekurangan dari prologh ini Saya pribadi mohon dikoreksi, Karna pada dasarnya tidak ada manusia di dunia ini yang sempurna.


PRINSIP DASAR KINERJA MESIN VESPA

Prisip dasar kinerja dari pada mesin vespa ini berbasis dua tak atau dua langkah, langkah pertama adalah pembilasan serta percampurannya antara bahan bakar dan udara yang sebelumnya sudah di atur dari karburator, lalu langkah kedua proses penekanan bahan bakar keruang bakar sehingga terjadilah ledakan dari percikan api busi dan bahan bakar yang berakibat adanya dorongan seher yang memutar poros engkol dan kopling gir transmisi. Di bawah ini saya akan menjelaskan perangkat mesin vespa super yang terdiri dari

I. KARBURATOR
Karburator adalah satu komposisi alat yang mengatur suplai bahan bakar ke ruang bakar, ini sebuah alat yang berkerja secara kinetik tanpa alat elektronik sipengendara hanya mengatur suplai udara melalui tuas gas yan ada distang kemudi lalu perangkat lainnya dari karburator menyesuaikan dengan sendirinya.

II. PENGAPIAN
Yang disebut Proses pengapian adalah terjadinya satu percikan api busi sebagai penyulut bahan bakar yang telah tercampur dan terbilas oleh poros engkol atau krukas yang ada dalam ruang bakar guna terjadinya ledakan yang menghasilkan dorongan seher. Api yang ada di busi daihasilkan dari SPUL PLATINA yang ada dalam medan magnet, setrum dari spul di stabilkan KONDENSATOR berukuran 2 farad lalu di sinyalkan atau sistem pemulsaran oleh PLATINA setrum yang melalui proses di atas di perkuat atau perbesar oleh KOIL, proses ini berdampak percikan api di BUSI berkekuatan lebih dari 4000 voltase dengan titik ampere lemah

III. RUANG BAKAR
Ruang bakar adalah satu ruang yang ada di dalam mesin vespa untuk menghasilkan tenaga berkapasitas 150 CC, di sini terjadi proses MIXTURISASI atau penyampuran antara bahan bakar berjenis bensin dengan udara KRUKAS atau poros engkol stelah bahan bakartercampur di transperkan oleh seher yang nya tlah terdorong oleh proses sebelumnya melelui rongga ransfering yang ada pada BLOK SILINDER, lalu bahan bakar mengalami penekannan ke ruang vakum yang ada pada HEAD SILINDER di sini lah terjadi ledakan hasil dari tekanan dan percikan api busi, sisa bahan bakar yang berjenis korbon dioksida dibuang ke udara lepas melalui lubang buang mengarah ke KNALPOT yang berfungsi menmanfaatkan gas buang sebagai kompresi balik untuk menyempurnakan proses selanjutnya, dan juga knalpot ini berfungsi sebagai peredam suara ledakan,

IV. ROTASI ATAU PUTARAN MESIN
Tiga proses di atas menghasilkan rotasi atau perputaran mesin dan gir-gir yang ada di girbok di melalui KOPLING atau cluth yang berpungsi sebagai otomatis penetral putaran gir sesui dengan keinginan pengendara dalam gir bok terdiri dari GEAR PRIMER atau lebih di kenal dengan gigi borobudur rotasi dari gigi borobudur ini berhubungan langsung dengan GEAR SEKUNDER atau lebih dikenal sebagai gigi seri. Pengaturan transmisi dari kecepatan gigi 1 ke 4 doleh CRASH GEAR atau gigi silang pengaturan ini langsung di hubung kan ke kendali atau stang motor, keunikan mesin ini dalam mantransferkan tenaga tidak menggunakan sistem rantai. Dalam perawatan lebih murah dan mudah yang terpenting adalah ketelitian dan ka apikan kit menggunakan mesin ini.

MASALAH YANG SERING TERJADI SERTA PENYELESAIAN NYA

i. Karburator sering kotor atau spuyer tersendat Dalam masalah ini berdampak langsung dengan laju motor, motor dalam melaju tersendat- sendat atau motor malah sulit untuk hidup terkadang
pula busi sering mati terlihat dari ujung busi isolatornya berwarna hitam kelang yang mengakiobatkan hilang nya percikan api di busi Penyelesaiannya:

1. Bersihkan tangki bahan bakar dari kotoran dan karat
2. Periksa selang bensin dari kerak bahan bakar
3. Bersihkan karburator menggunakan kompresor angin perikasa kembali lubang- lubang spuyer jangan sampai ada kotoran yang tertinggal, ketelitian di tuntut dalam hal ini
4. Periksa ukuran lobang spuyer sudah pas belum jangan sampai kebesaran atau kekecilan. Bila kebesaran motor akan boros bahan bakar dan juga busi sering mati. Ukuran ubang spuyer berpatokan pada ukuran standar pabrik
5. Setingan atau penyetelan jarum ideal harus pas menurut pengalaman saya caranya denmgan menyetel stasioner karbu pada stelan tertinggi, lalu putar jarum ideal menggunakan obeng kekanan stelah berhenti putaran jarum kendorkan kembali ke kiri perlahan-lahan sampai terdengar suara mesin di putaran ter tinggi,

ii. PENGAPIAN
Permasalahan dalam pengpian juga akan berdampak langsung pada laju motor atau motor tidak bisa hidup, susah starter motor biasanya kendala pengapian berada pada stelan platina yang tidak benar, bisa juga salah satu perangkat pengapian sperti Busi, Koil, Platina, Kondensor, Spul pengapian ada yang sudah tidak layak pakai atau mati. penyelasaiannya:
Langkah pertama periksa warna ujung busi, bila berwarna hitam kelang busi tidak akan memercikan api solusinya stel ulang ukuran spuyer pilot jet dam main jet, beila warna ujung busi merah bata maka pariksa ke bagian yang pengapian yang lainnya. Koil yang layak pakai apabila kita konsletkan kabel busi dengan jarak ke massa mesin kira kira 8 mm masih terjadi loncatan api berwarna biru, bila tida berwarana biru di sini percikan atau laoncatan api berwarna merah ini berarti stelan platina tidak benar atau si koilnya yang memang sudah lemah, loncatan api dari koil dipengaruhi langsung oleh stelan platina, Penyetelan platina yang benar adalah berjarak kerenggangan antara konektor minus dan konektor plus nya kira-kira 0,5mm. dengan menggunakan obeng min, perlu di ingat penyetelannya jangan di ketok karna hal akan mepersingkat umur pakai platina karna entara konektor tidak lurus atau bengkok. Loncatan yang terjadi pada platina juga
berkaitan dengan kondisi kondensator Pemeriksaan kondensator amat lah mudah apa bila terjadi lancatan api di platina ini di karenakan kondensator anda sudah tidak layak pakai, ganti kondensor anda atau ada cara lain yaitu cangkok kondensor dengan kondensor lainnya atau sistem kondensatornya di double dengan ukuran kapasitas kondensor yang sama 2 farad, Yang terakhir adalah cek spul pengapian anda masih layak pakai atau harus di gani degngan yang baru, tanda spul pengapian rusak, biasanya kumparan spul lecet, gulungan spul kendor, spul putus.
Apabila semuanya stabil maka anda wajib memeriksa nap puur atau ketepatan pengapian tapi sebelumnya lihat dulu kondisi spi magnet patah atau tidak juga lihat kondisi rotor masih bagus atau sudah tidak, ukuran nap puur adalah 21 drajat sebelum titik mati poros atau kondisi pala seher di atas.
iii. Motor macet tidak bisa starter Ini adalah suatu trable mesin yang lebih fatal biasanya hal ini terjadi di kerenakan lakher atau BEARING ada yang rusak, stang sekher atau CONECTING ROOD rusak, ring sekher patah, sekher atau PISTON tidak layak pakai, perangkat di gear bok ada yang patah, PER GIGI PRIMER rontok, PLAT KOPLING yang sudah tidak layak pakai. GIGI STATER ompong atau rontok. Proses penyelesainnya harus turun mesin dan kita harus bongkar semua perangkat mesin agar lebih mudah pengecekan nya. Apabila dalam pengecekan perangkat ternyata ada yang rusak lebih baiknya kita ganti dengan yang baru, untuk menjaga hal-hal yang tidak di inginkan yang bisa saja nanti terjadi di dalam kita mengoprasikan kendaraan
kita di jalan.
iv. Motor tidak nyaman di kendarai atau goyang Dalam kondisi ini diluar dari pada mesin kecuali perangkat penunjang dan stabizer getaran atau karet mesin, masalah ini menyangkut kenyamannan kita dalam berkandara karna semua ini akan berdampak langsung dalam SAFETY REEDING keselamatan kita terancam bila hal ini di biarkan. Adapun panenggulangnganya sbb:
cek kondisi kelayakan ban dan pelek, bila ban botak harus ganti kondisi pelek pun harus stabil jangan ada speleng atau goyang Cek kondisi as ayun masih layak pakai atau tidak, biasanya dalam kondisi ini pala babi depan akan goyang apa bilia as ayun rusak, semua itu berdampak langsung pada sistem kendali kendaraan anda, Cek lassan bodi pada titik tumpu seperti, DEK MOTOR, TULANG BUAYA, LUBANG AS MESIN, TUMPUAN SOK BLAKANG, DLL. Bila terjadi keropokan pada bodi jangan biarkan hal itu berlarut karna akan berakibat kerusakan bodi yang lebih fatal bahkan pernah terjadi notaor tiba tiba patah. Cek kondisi STABIZER GETARAN atau karet-karet mesin dan shokbreker juga MOUNTING sok blakang, bila terlihat sudah usang atau rusak harus cepat-cepat di ganti. Cek SOKBREAKER, apa bila sok breker sudah lemah baik pernya atau sok wajib untuk kita ganti, jangan lupa kondisi mur roda baik depan maupun belakang dalam kondisi kencang dan terkunci paku pengunci. Jangan sekali kali anda pertaruh kan nyawa anda hanya karena malas untuk memperbaikinya.

PENUTUP

Demikian lah prologh ini saya sampaikan kepada anda selaku saudara saya di vespa, ketelitian anda adalah kunci kanyamanaan dan keselamatan dalam mengendarai vespa di jalan, JANGAN PERNAH ANDA MEMPERTARUHKAN NYAWA ANDA DENGAN KENDARAAN YANG TIDAK LAYAK PAKAI. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan trima kasih. Bravo vespa mania indonesia jaya selalu.

About these ads

Responses

  1. masalah yang penting tapi jarang diperhatikan adalah masalah lampu. bagaimana agar lampu terang

  2. iya ..kadang juga lampu g begitu diperhatikan,,klo aku lampu biar lebih terang aku sambung langsung ke spul

  3. Terima kasih artikelnya. Semoga dilain waktu, bisa lebih dikembangkan, terutama tips2 mengatasi trouble vespa kita di jalan.

  4. @ thanks ronny udah mampir !!
    semoga tips nya berguna !
    baca juga artikel and tips di http://hengkyscooterist.multiply.com

  5. makasih artikelnya, mau tanya nih,koil saya rusak pas ditengah jalan. Ada nggak cara darurat selain diganti ? makasih sebelumnya

  6. kayaknya ada jg nie cara bodo2 an !!
    aku jg pernh ngalamin kejadian kaya itu bro !!waktu itu buat jalan ke acara di purwokrto..trus pas di daerah moga vespa tiba2 mogok !setlah di cek2 ternyata koilnya mati..nanti deh aku tanykan dulu

    • Salam kenal semunya…
      Menurut pengalaman saya bro cara darurat bila koil mati mendadak, ane ketok koilnya dngan gagang obeng sbanyak 5x,atau lebih. Coba aja cara ini bro bila terjdi masalh dngn koil, tp hanya untuk sementara, sampai agan menedapatkan koil yg baru..

  7. saya juga baru , blm lama pakai vespa.
    nanti saya mau ikut tanya, boleh ya. saya kurang paham soal mesin.

  8. mo tanya apa bro indra ??
    disini kita saling bertukar informasi seputar dunia vespa …
    lam kenal bro !!

  9. thanks bro indra dah mampir disini
    ilahkan kita disini utk saling tukar informasi di dunia vespa ,kita bisa tukar2 pengalaman and saling bantu kali aja ada yg kesulitan dalam merawat mesin vespa !!
    lam kenal aja !!

  10. gini bro ane mo tanya, kenapa yah ruang bakar mesin vespa ane banjir terus padahal udah ane atur pelampungnya, jadinya kalo hidup cuman sekali gas terus mati lagi, ane keringin lg businya, terus hidup cuman 1x gas mati lag! kenapa yah

  11. salam kenal untuk semuanya. kira-kira untuk vespa th 99 itu per liter bensin bisa untuk berapa km? rasanya kok boros banget. apalagi isunya bbm mau naik. kemarin untuk keluar kota, dengan perjalanan lancar, kecepatan sekitar 60an km/jam, satu liter kira-kira bisa 30 km-an. tapi kalau kota-kota, rasanya kok bensin cepat habis. tidak sampai 1 : 30. bagaimana? ada saran? terima kasih..

  12. Kirimin buku cara bongkar pasang mesin vespa broo!

  13. mesin vespa getarannya tinggi, sepi magnet cepet patah, power mesin kurang, kira-kira apanya? bls. thx !Ass..

  14. makasih prolognya…. masih sulit nemuin tulisan tentang vespa. ato punya info buku tentang vespa

    • ada. kontak aku di 08129209588 atau 02192155800

  15. @surawan
    saya punya tp burupa katalok dan masih pake bhsa inggris ….moga cepet ada penulis yg membuat tentang vespa dan reparasinya

    • boleh klo ad buku pake bhs inggris??
      kan bisaa di translate bro.

  16. Hai Vespa Mania. Bagus bgt. Tapi kl bisa memberi berbagai Vespa varian terbaru. gak hanya yang lama2. Agar kita tahu bahwa vespa adalah motor untuk Terapi kita agar kita gak stress. Go Vespa mania. Aku sebagai penggemar. Kita Bisa

  17. Om scootman ane co past ye

  18. salam scooteris; alhamdulillah masih ada orang yang mau berbagi.thank’s bro atas infonya,maju terus vespa mania,tingkatkan & junjung terus solidaritasmu.

  19. [...] August 22, 2007 · 18 Comments [...]

  20. Pengen Vespa gw kenceng plus suara kayak ninja gimana,,vespa gw PX 83,pengapian CDI,mesin masih orsi,,,THANX’S BROTHER

  21. waw!!tumben2nan ada yang bahas tetng vespa !!bagus nih!!klw dikembangkan kearah modifikasi vespa kliatanya tambah bagus!!hehehee!!ohy mo tanya klw oli sering keluar dari kick stater vespa itu kenapa mas???

  22. vespa forever!!!.tolong informasi tentang accesoriesnya,dong?

  23. bang artikel’a mksih bngd y..bnyk yg w pljrin tuh dr artikel’a mklum lh scooterist baru!!klu blh tau,,cara setting vespa ar lebih kenceng gmn y??

  24. oia bang pke gmbar dunk cara setting’a..hehehe

  25. mo ikutan

  26. harus ny ada gambar nya bro,biar enak bongkarny.klo ke bengkel kan mahal tu bro.thanks.

  27. thank’s bro atas info2nya….

  28. aku fans berat vespa ,gimana cara biar bisa gabung

  29. salam bro dari nax solo…

    kikkkk,…….

    • aku pnya vespa brooo PX th 90an mau aku modif cman cri knalpot yang suaranya keras dan indah gt enaknya di kasih knalpot apa ya bro… mksh..see u..

  30. aQ mO BLI VESPA nIHH ……DOAIN Y MG2 dPET veSpa YANG MUlUss…..HA HA……
    y ALLOH mg q BIsa cpeT naIK vESPA………aMIen

  31. wah..keren abizzz,,w yum lama pake vespa en w kaget ama solideritas pengguna vespa di jalanan..w terkesan bgt thanks…all..ilove you

  32. Bro, kmarin abis ganti kuningan klos (clutch) knapa tiba2 asap knalpot jd tebal & busi jd sering basah/mati? Thanks

    • itu mungkin ada yg sala ma sill2 mu,jd oli mesin ikut masuk ke ruang bakar

  33. Bro…All…yang tau caranya supaya bensin gak boros gimana??Trimz

    • jgn di hidup kan vespanya…sorong saja mas..

  34. gimn ya nyeting vespa irit bbm tp larinya tetep kenceng…ukuran spuyernya yg pas ukuranya brp???

  35. cuuy, bensin ga boros, tus kecepatan mesin bertambah, apa benr pake seher ninja bisa tambah kenceng? krim ke email ku yup bagaimana agar mesin awet dan tambah kenceng, karena gara2 seher diganti kemaren motor yang biasanya tiger kalah sama ku sekarang aku kalah sama honda supra. gmn tuh mengatasinya, puyeng nih.
    e-mail: speedvespa1976@yahoo.co.id

    thanx bro

  36. coy…mw lbh dekat sm lakian niy….
    gw lg nyr velg jg nii….

  37. slm knl,mau ikut tnya jg.
    gmn cara mencari TOP pengapian vespa?

  38. sob,lampu vespaQ kok g terang y,?
    gmn tuh??

  39. lam kenal coyy……..!!!
    ne dari scoot man KARANGPUCUNG

  40. kalo vespa di gas lalu begitu maju di masukin persneling kenapa gas jadi kabur ya???

  41. alowww bro vespa mania…..
    mau nanya nich …
    gimana cara setting karburator vespa yang benar???? setelan komplit ya termasuk anginnya
    settingan buat harian bro….. thanks ya yg mo jawab …….salam dari sobat2 NSC (nusakambangan skuter club)

  42. bro kirimin toutorial setting karbu vespa donk……. ke emailku jg boleh bro
    62pelangi@gmail.com

    thanks bro ….irantyos NSC

  43. hallow brow.. .gw pngen gw kenceng gmn y..?
    thx.

  44. bro Q punya motor honda CB,,, tp pake BUSI milik vespa,,, jd pengapiannya terlalu tinggi,,, tp pulsar milik saya kurang dekat,, jd bila d pakai kenceng motor sering nyendat2,,,,,

  45. lam kenal smua nak vespa sekedar pemberitahuan w bengkel bu ut spesialis msin vespa (0217300852)
    dri isapan bensin smpe stang krukas dll, smua jenis vespa

  46. lam kenal…bro Q pny mtr vespa super ’77 tp kaki2 n rodanya pengen diganti layaknya vespa sprint…kira2 bakalan muat ga? n ada yg jual ga? thx..

  47. mamend thanks ye tas info na brmaanfaat bgt nech bgi w,,,

  48. mau tanya, knapa vespa jenis strada laher roda tuh suka bcor oli trus knapa tuh? .pdhal udah gnti yg bru tpi te2p ja bcor!.

  49. Trims Artikel’nya ngbantu bgt…

  50. boss tolong dong saya nih, sy punya vespa super thn 1973 , koplingnya agak keras, trims

    • pengapian banyk ngapa tuh?

  51. tengkyu bwt forum ni,…
    pengetahuan ttg vespa jd nambah dikit

    cuma di vespa super’77 ku rem belakang tak pernah bisa pakem,…knapa ya
    trus pengen punya stang yang macem stang speda, tapi ada lampunya, ada yg bisa bantu ? …

    • Thanks bro dah mampir di blog sedrhana scootman semoga bisa memberikan informsi dan sarana tukar informasi antar scooterist di manapun berada …

      Best Regards

      Hengky Scootman http://hengky.co.nr

      ________________________________

  52. lam kenal…q br pake vespa,kaki2 dpan rasane g enk bngt bwt jln,klo jln’e g rata sperti mo trbng,gmn cara ngatasinya ya???mksh…

  53. salam kenal bro…mo bagi pengalaman ,kalo kawat kopling putus….dan tidak bawa sereb,kalo jenis vespa super atau sprint kan ada tempat ban serep di depan jadi kabel yang putus bagian handle keluarkan dari slang nya dan ikatkan pada tuas ban sereb di bagian depan ,,jadi sementara kita bisa mengandalkan kaki kiri untuk menginjak kabel kopling yang kita ikat tadi…….ini hanya darurat …dari pengalaman ini saya selalu sedia kabel kopling di bagasi …..terimakasih dan salam kenal semua .salam kompak satu vespa sejuta saudara.

  54. salam kenal bro….ada yang punya buku panduan turun mesin untuk vespa. , ini email saya sigar.bumi@hotmail.com, thank sebelumnya

  55. brow bagi juga modif modif nyah mau bikik low rieder n coper hahhaha imelin w yang punya ide yah hihihihi
    http://aliyan_getoh@yahoo.com

    • silahkan mampir di blog saya yg berisikan modif2 vespa

      Scootman Blog

      terdapat puluhan modif baik chopper extremm dll

      Best Regards

      Hengky Scootman

      http://hengky.co.nr

  56. yooyoii…tadi w bis jlan jauh nii,,,make scooter love w,,,,,tibaa,,,hujan turunnn,,,eeeehhhh scoter w ga idup…..wahhhh….w coba aj ikutin saran lo….akhirnya manyos juga cuy,,,,hahahaaa

  57. gimana y mas,,vespa ak tuh nga’ ada tenaganya,,kadang2 tersentak trus larinya kencang lagi…

  58. saya punya vespa 66′ , saya punya trouble, platina tidak bisa menutup pada saat piston bergerak mundur dari TMA.

  59. saya punya vespa 66′ , saya punya trouble, platina tidak bisa menutup pada saat piston bergerak mundur dari TMA. TOLONG BANTU YAAAA…. 085642233415, THANKS

  60. gimana caranya merubah gigi 1 menjadi gigi mundur (R) ?
    aku pengen nyoba……bisa kasih tahu nggak makasih.

  61. oke,makasi,dan akan saya praktekkan

  62. ae scooteris semua……… ad gk ya scoteris yg wdah nyampek pulou sapit,…..klo ad gmana rasa y………’///// sly gue blm prnah k sana,…………..];]……….

  63. mau share tapi info detail sudah agak lupa.

    tentang pengapian vespa yg masih pakai platina.

    biasanya kita mengatur pengapian agar tepat pada 21 derajat btdc before top dead center. itu sudah benar pada model agak lama. kemudian sebelum pindah ke elektronik pernah vespa (aku lupa typenya) berubah jadi 22 derajat.

    tapi lebih penting lagi, mungkin awam tak tahu. aku tahu karena dulu jadi montir vespa resmi. piringan tempat nempelnya coil juga perlu diatur. jadi sebelum kita set platina, kita set dulu posisi coil ini.
    pada 21 derajat jaraknya itu sekitar 2 atau 4 mm (pastinya aku lupa, nanti aku tanya kakakku).
    efek penyetelan ini adalah menghasilkan api terbesar sewaktu pengapian. kalau ini pas maka motor mudah sekali dihidupkan. dulu kakakku pernah coba engkol pakai tangan bisa hidup. tapi jangan ditiru karena kalau nyabet, tangan bisa patah.

    untuk mendapatkan 21 derajatnya itu cukup repot. ini prosedur dari bengkel resmi vespa.
    butuh
    1. piring aluminium setebal 3 atau 4 mm yg dulu harus beli dari danmotors vespa indonesia. sekarang bisa dibuat di bengkel yg ada cnc. aku punya cnc kecil yg mungkin bisa buat itu. barusan aku telp kakakku disumatra piringnya masih ada dan bukunya juga tapi dia mesti bongkar dulu.

    2. dummy busi. mirip busi tapi ujungnya solid karena cuma dibuat untuk menabrak piston. bisa dibuat dnegan busi biasa dan ujung dalamnya dilas dengan besi padat dan ujungnya dibulatkan.

    3. mur piringan magnetyg bisa mengakomodir tambahan piringan magnet. dulu yg beli dari danmotors bisa bolak balik karena ada yg mur kecil dan mur besar.

    cara kerjanya:

    a. lepaskan magnet seperti biasa. kendorkan 3 baut pemegang coil sampai bisa digeser dengan ketok sedikit dari lubang intip di piring magnet tapi tidak mudah bergeser sendiri.

    b. tutup magnetnya. pasang piring timing aluminium dan pasang mur item 3.

    c. ganti busi dengan dummy busi.

    d. cari top dengan cara putar ke kiri perlahan sampai mentok dummy busi. tabrakan beberapa kali secara pelan agar kerak di atas piston stabil (tidak rontok tak mengapa yg penting stabil). kalau garis dipiring timing (yg totalnya 360 derajat) sudah mantap tandai dengan pensil.
    putar pada arah berlawanan dengan perlahan sampai mentok. tandai garisnya. nah bagi 2 jarak tersebut. maka kita dapatkan topnya. logikanya sederhana bukan?

    kurangi 21 derajat. tandai titik itu. itu adalah titik pengapiannya.

    e. pada posisi 21 derajat, intip posisi ujung besi coil dan magnet dipiring jaraknya sekian mm (ini perlu konfirmasi kakakku dulu ya). dulu kami potong kertas karton dengan ujungnya selebar ukuran tersebut yg bisa diselipkan di lubang intip untuk ukur itu. kalau tidak pas atur posisi piring coil dengan memukul sedikit piringnya atau mungkin bisa dengan mengungkit (saya lupa kerja ini karena sudah sekitar 30 th lalu) akukerja dulu umur 15 an sekarang 45.
    kalau sudah pas kencangkan sedikit baut piringan (kalau memungkinkinkan, aku sudah lupa).

    f. buka piring alumunium dan magnet.

    g. kencangkan 3 baut piring magnet. kendorkan baut platina.

    h. cari lagi 21 derajat BTDC seperti diatas. ada baiknya check ulang dan pastikan jarak magnet yg disetel barusan tadi tidak berubah.

    i. setting platina dengan timing checker yg bisa dibuat dnegan battery 9 v dan buzzer dc. (sekarang kerjaku di desain elektonika jadi ini mudah sekali) koneksinya ke kabel magnet yg ke coil dilepas dan diganti ke timing checker kita dan satu lagi ke ground (chasis).

    tepatkan platina agar pada 21 derajat terjadi perubahan dari bunyi ke tidak bunyi atau sebaliknya.

    kencangkan platina. buka baut piringan dan ganti dengan mur asli piringan magnet.

    lepaskan timing checker dan kembalikan kabel platina ke coil.

    test hidupkan.

    hardy
    0812-9209588
    021-92155800

    • bang hardy buka bengkel vespa resmi dmn?
      klo vespa saya gak stabil, bisa kn konsultasi sm abangg..
      hehe

  64. Om klo busi item tp pengapian bgs tuch knp.

  65. mesin pespa gak isa d selah……kipas ga mau muter?????

    kira2 apanya……..

  66. Terima kasih ilmunya sangat bermampaat. Salam kenal.

  67. Terima kasih ilmunya. Salam persahabatan.

  68. gw pnya vspa super tpi boros bgt… gimana ya biar irit tapi lari masih ad

    • sekedar berbagi.
      biasanya dilihat dari kondisi pengapian dan keadaan karbu gan..
      thnx.

  69. Apakah ada tanda NAA dan VOOR pd piringan spul Vespa? Saya kesulitan dgn cara manual. Trims jwbnya.

  70. Mas, mw nanya. Saya punya vespa tahun 69, saya kepngin naruh batere. Saya bawa ke bengkel kata teknisi nya gk bisa ngecas ya? katanya karna spulnya tuh, jalan satu2 nya harus ganti mesin vespa yg tahun tinggi… mohon pencerahan nya mas… masih hijau soal vespa. Thanx

  71. beibeh..aku jatuh cinta lagi..

  72. thank’s buat informasina, mau nanya ni mas..vespa saya th 77 ni..saya pengen ganti lager as roda belakang..apa betul musti bongkar mesin total..minta tolong petunjuknya mas..

  73. mesin vespa itu berapa HP ya?

  74. ikut cari ilmu gan,,,,
    klo pengapian bagus,,,v mesin gk mau idup…
    masalah’a ap y bos,,,,tlong ilmu’a BOS

    • dari koil nya kli tuh om gha kuat,,,,

  75. sekedar berbagi pengalaman gan.
    vespa saya pernah mogok, kemudian di cek keadaannya. Padahal keadaan pengapian dari busi+koil+plati masih bagus, setelah dbw k bngkel langganan saya, ternyata ditambahin kondesor lalu vespanya nyala lagi dan tarikan lumayan naik dari yang sebelumnya.

    • okey tuu gan makasihh info’a :)

  76. thanks

  77. mau numpang tanyak ni,cara masang aki kemotor vespa gimana ya?spayah batrai akinya gak mudah habis?

  78. tolong dong, punyaku PX150. tiap kna ujan kok mati y, g bsa distater. tapi stlah dibarin bbrapa jam bsa distater lagi. knpa tuh bung?

  79. abang-abang vespa..
    saya masih newbi dalam vespa..
    bagi2 ilmunya dongg..
    hehehe..

  80. trma ksih y bro…
    atas ilmux shinga kta dpat mmhami komponen’ vspa

  81. info bagus, ulasannya mudah dipahami… referensi buat yang suka bongkar pasang ringan tanpa harus ke bengkel..

  82. ziip ziip

  83. T O P

  84. mantap deh

  85. gan,..
    udah ganti platina, kondensor, busi, laker askruk + seal2 termasuk karbu baru (tp yg murahan).
    tapi kok busi tetap hitam ya ???
    setelan angin pakai 2 1/4 put

  86. salam scooter mania
    gw mau nanya nich, pengapian vespa gw tiba2 hilang gitu aja bro.
    udah di stel platina na, msih blum bisa bro…
    tolong di bantu ya….

    salam kik……….

    • Coba cek koilny bro, mungkin koilny udah ga layak pakai, N spul kondensor jg dpat berpengaruh.

  87. maw nanya nich… vespa ane klo d bawa lari kok tiba” seperti bahan bakar tersendat,,
    tp kalo kondisi mesin hidup posisi netral pembakaran normal/langsam,,
    kira’ permasalahan,y d mna yach ??
    tolong d bantu y … coz saya baru pertama kali bawa motor vespa

    salam . . .

  88. pengen mengetehui dmna bengkel vespanya..jadi saya bisa mendatngkan motor tersebut

  89. thanks brad..
    sangat membantu nih..kebetulan saya lagi mau nurunin mesin sendiri heheheh.. kantong pas pas an soalnya

  90. Salam kenal bradd..
    Makasii infonya
    saya scoterist Tasikmalaya XD

  91. Info yang keren mas bro..

  92. px gue sulit hidup trs pas hdp mati lg n trnyata busine basah napa y?thanks

  93. SALAM PERSATUAN ANAK VESPA
    tolong dong bagi solusinya,, vespa gua kok sering ngadat di putaran rendah,,,?
    dari sudut pengapian atau dari karburator,,,??
    saya tunggu solusi dari kalian,,,
    terimakasih,

  94. tanks man . . . .
    gua scoter dari lumajang jawa timur . . .

  95. masih bingung …… Tp tq broo ,…. Ilmu untk blajar lebih dalam tntang vespa

  96. oke banget brou informasinya, karena tanpa melihat kondisi mesin vespa dengan baik mana mungkin bisa melaju dengan baik. soalnya gua pengendara vespa hampir tiap minggu jakarta-lampung selama 1 tahun, tapi sekarang gua sudah enggak, alias istirahat dulu.

  97. Kira” kalo vespa habis turun mesin di jual bagus gak gan buat di ambil ? Sedangkan. Laher” nya sudah di ganti baru tp kipas-nya agak goyang jd agak berisik . Kira” itu bagus gak gan buat di beli ? Tolong ya gan di answer :)

  98. Gan kalo vespa udah pernah turun mesin bagus gak buat di beli ? Semua sudah di benerin , laher”nya sudah di ganti baru tp kipas-nya agak goyang / kendor . Kira” dari problem itu pantas gak gan buat ane beli ? Tolong jawaban-ya gan :)

  99. gan2 mau tnya apkah mau cat vespa harus d turunkan mesin nya…

  100. sangat membatu… thax…. numpang curhat, saya wktu itu lg sng2nya, vespa saya habis turun mesin rusak lagi gan gabisa jalan… rodanya ga bisa muter…… mula2nya stsioner besar sendiri…. karna ga punya uang dan waktu itu jauh dari rumah ahirnya saya tinggal dirumah orang… sudah 4bulan ini tidak saya ambil…… kami awam banget soal kendaraan, karna itu vespa mtor pertama kita gan…… sedih,,…..

  101. halooo teman2 semua salam kenal sya ferry, sya mw nanya dong bagaimana caranya biar vespa kita itu ngacir larinya…kan vespa iru identik sekali dgn namanya mogok dan jalannya lambat nah saya mw tau dong gmna cara mngatasinya ya??

  102. Reblogged this on rastapandy1.

  103. gan, ane mau beli vespa tapi buta banget tentang vespa, kira2 apa aja ya yah perlu diperhatiin sebelum membeli? thx

  104. gan skuterku (bajaj,red) klo d’ajak jalan biasa enak, ..tp klo d’pake agak knceng (70km/jam-an) cuman tahan bberapa detik aja ,skitar 20-30detik, .abis itu sendat2 kayak overheat, .apanya yang masalah? terus gimana splusinya??
    mohon di bantu….. 085728563728

  105. Giman cara setting karburator vespa supaya lebih kencang laju nya ..

  106. om vespa saya gak bisa di sela nih kalo disela itu keras, udah di buka blok businya ternyata pistonnya hanya bergerak kebelakang ke depan itu gak sepenuhnya hanya setengah itu kenapa yahh ?

  107. Bang mau tanya nih. ,
    Vespa aq hbis ganti seher d.starter berat,, trus spi patah. ,bang. .
    Dan gimana bang cara mengatasi dudukan spi yg udah loer/dobleh. . ??
    Tlong bantuan’ya. !

  108. Misi gan,,, mau ikutan nanya,,, nih…..
    Ane pnya vespa PX, nah skarang g bisa di selah,,, lolos trus, kipas g muter…
    Tolong pencerahnnya…..
    Makasih….

  109. Mesin vespa rpm selalu tinggi tdk bisa langsam. Stlah bag input karbrator ditambl. Kenapa itu

  110. Maaf numpang nanya kalo mesin hidup tapi jalannya lambat itu apanya ?

  111. bang vespa ane excel 1994
    gue heran ama vespa ane setiap narik kopling masih aja jalan (ngonyor)
    kuningan kopling baru, gobangan baru, tali kopling di tarik lagi engkolan jadi ngeloss
    tolong in ane ya
    pusing udah
    makasih bro

  112. Heya i am for the primary time here. I found this board and I find It truly
    useful & it helped me out much. I am hoping to offer one thing again and aid others such
    as you aided me.

  113. bro, mau tanya, vespa ane ketelatan oli campurnya akibatnya serimg mati sendiri waktu jalan, tapi pas didiemin sebentar bisa idup lagi. cara ngatasinnya gimana ya? makasih

  114. cari karbu orisinil pts gw tpi dengan harga yg bersahabat,ad nga

  115. mao nanya donk ciri2 kena seher apa ya??

  116. Dear Sir / Madam

    Kami memberikan semua jenis pinjaman dari $ 10,000.00 sampai $ 10.000.000,00 sebesar 3%, Hanya
    alamat email Anda kepada Mr Robert Cooker (annalucas08@gmail.com)
    dengan informasi berikut:

    1: Nama:.
    2.Country ..
    3.Amount:
    4: Durasi.
    5: Nomor Telepon:

    Hubungi kami sekarang dan mendapatkan pinjaman!

    Catatan semua jawaban harus diteruskan ke: annalucas08@gmail.com untuk
    perhatian segera.

    Salam,
    Robert Cooker
    Konsultan Umum ..

  117. met kenal bro,sy mau tanya kenapa setiap pagi mau panasin mesin susah hidup,kudu selah 5 sp 7 kali bahkan lebih baru bs hidup mesinnya.
    Apakah dikarenakan platina kerapatan atau masalah lainnya
    Mohon pencerahannya para pakar vespa,makasih

    Muhdie – Tangerang

  118. assalammualaikum.

    bro biar vespa bisa lari tp standar gmana y bro.

  119. bang klau harga tali gigi vespa berapa ya

  120. Sya mo nnya
    mtor sya brmasalah trs di bgian mesin.
    Awlnya trjdi di bgian laher dlalm jebol ktny sih stng sherny bengkok,trs sya gnti dh baik,ga lma lg be”rpa minggu kmudian jbol lg trs gnti lg dh bnr smpai skran tpi ada kendala lgi mesin gk hlus ada suara gmuruh,sya coba kipasny d puter2,ada suara kya ada prgesekan.mks’h sblmnya.

  121. Lam kenal..pas distaster gas nya normal,jalan kira2 100m gas langsung naik ngak turun2,ada solusi para senior vespa? Jin asay orsound kaliwungu

  122. kalau vespa ga mau jalan gmana cra nge betulin ny yah brothears,,,?
    minta ilmunya d0nk bray

  123. aku baru 2 bulan punya vespa jadi belum ngerti betul ke mesin vespa,
    jadi kalau vespa mau di betulin lagi kira2 apaan yah keluhan nya bray..?

  124. Salam scooteris 8-)

    Satu Vespa Sejuta Saudara .

    Salam kenal , sul-sel bantaeng

  125. ass, om sorry ganggu, ane mw curhat nih, vespa ane
    bermasalah, baut ukuran 14 di kopling udah di
    kenceng’in malah kendor lagi, kendor lagi, dan
    penyebab’y adlah ulir as krek’y tlalu pendek, jadi si ulir’y
    itu ga masuk penuh ke baut, cuman setengah’y doang,
    solusi’y gmna nih om supaya ga kendor” lagi..? mohon saran’y om..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

" BerScooTer KitA BeRsAudara "

"Jabat Erat PerSaudaraan scooterist"

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 31 other followers

%d bloggers like this: