Posted by: scootman | July 1, 2008

UBAH PENGAPIAN CDI

Vespa lawas seperti Super, PS dan PX yang belum dilengkapi sistem pengapian CDI sudah barang tentu pengapian tipe platina perlu lebih sering “ditengok” ketimbang yg pake CDI
Kalo mau praktis ubah saja sistem pengapian nya jadi CDI. Beberapa tipe Vespa memang agak sulit dalam pengerjaannya sebab harus mengubah magnet dan menggulung spul baru, namun khusus tipe PX keluaran 80-82 dan super 77-79 jauh lebih mudah karena tipe ini tinggal ganti spul yang dilengkapi IC dan dan micro chip pengapian, berikut langkah modifikasinya :

1. Setelah boks mesin terbuka lepas kipas magnet menggunakan alat bantu yg namanya Treker

2. Lepas seluruh baut spul pengapian dengan obeng, lepas juga seluruh kabel yg menghubungkan ke spul, pada spul ini terdapat lima warna kabel yang memiliki fungsi sendiri-sendiri
3. Setelah itu lepas juga kotak terminal kabel yang terhubung dengan kabel spul

4. Kemudian pasang spul IC, sedangkan micro chip dipasang di kotak terminal yang dilepas tadi, sambung kabel sesuai warnanya; hitam dan putih untuk massa, hijau untuk micro chip, merah untuk ke CDI dan biru ke lampu.
Mudahnya lagi sistem ini ga perlu nyari posisi top

Selamat mencoba….

Written by nino

Advertisements

Responses

  1. Jd mw pake CDI lg nii. . .

    dulu c kapok gr2 busi gosonk mlu. . .
    dulu c pakeny CDI shogun 125,, eh busi gosonk mulu gw gnti lg dh k platina. . .

    Knape y??

  2. pngaturan dari karbu’ya thu…
    stel angin’y 1/2 putaran stengah sja.
    n pengaruh jg ma oli samping’y.
    pke oli sel ajah…
    d jmin g knd gosong lg thu busi…
    slamat mncoba….

  3. maaf ni mau tanya klo beli spul IC dmana? N bwt motor apa

  4. gimana caranya biar cdi motor yg dari platina di rubah ke cdi biar awet,coz pnya ane sering mati cdi

  5. Bang sory nih ane newbe,rangkaiyan di atas itu udah gak pake platina lagi apa masih pake ?kirimin gambar nya yg berwarna dong bang,sama penjelasan di atas ke email ane.
    Makasih ya
    Salam mesin kanan

  6. bang ane mo nanya nih… mtor ku P150X pengapiannya masih pke platina… skrang ini cpet pnasnya jdi mogok trus… ni pa harus ganti k CDI??? soalnya mo di pke touring… tolong solusinya pa nih???

  7. Bang kalo vespa ganarik itu pengapian gue bermasalah ya?

  8. Kenapa spul vespa saya sering mati pdahal udh gnti berkali” ttep aja mati trus ,,vespa ane PXE 95 .mohon pencerahanya para suhu”

  9. Boz, saya mau nanya masalah kelistrikan lampu banyak vespa mods. Vespa saya super udah cdi dan pke aki GS Premium 12N 10-3B dan pke kiprok excel pasang 10 lampu depan dan 1 dinamo klakson dgn 5 terompet plus relay. Awalnya skitar sebulanan normal tp skrg2 ini kenapa akinya jd tekor ya ? Apa harus ganti kiprok jg ? Kira2 kiprok apa yg sesuai & cocok ? Tolong d bantu jawab & terima kasih.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: