Posted by: scootman | February 21, 2010

TEMPAT KONGKOW BERBAGAI ALIRAN

Di dunia musik, istilah campursari mengacu pada campuran beberapa genre kontemporer Indonesia. Musik campursari ini berkembang di wilayah Jawa bagian Tengah hingga Timur. Umumnya dengan mengandalkan modifikasi alat musik gamelan yang dikombinasi instrumen musik modern.

Ups kali ini kita enggak ngomongin musik lho! Melainkan profil komunitas skuter di Jakarta yang sepakat menamakan perkumpulan mereka dengan istilah Campursari.

“Ide nama Campursari lahir lantaran teman yang kumpul memiliki Vespa dari beberapa generasi berbeda,” ujar Banon Umarianto, salah satu dedengkot komunitas ini.

Memang bila diperhatikan komunitas Vespa Campursari yang biasa mangkal di parkiran Circkle K, Jl. Wijaya, Jakarta Selatan ini punya koleksi Vespa beraneka ragam.

Mulai Vespa generasi Super tahun 60-an dan 70-an, tipe Vespa Spesial, generasi PX dan New PX, sampai tipe Piaggio terbaru yang didatangkan importir umum macam ET, Grand Tourismo, dan MP 3.

Jadwal ngumpul komunitas ini tiap Jumat malam. Pemilik Vespa yang ikutan ngumpul dari beberapa daerah seputar Jakarta. Ada yang dari Ciledug, Pondok Gede, malah dari Bogor juga ada yang ikut kumpul. “Di sini kami bebas ngebahas apa saja enggak peduli jenis Vespa yang dipakainya,” tambah Leo yang mengandalkan Vespa New PX.

Enggak cuma itu, di komunitas ini, penyuka Vespa aliran orisinal atau yang bergaya racing melebur jadi satu. “Intinya kami di sini kumpulan pemakai Vespa dari berbagai aliran dan tidak membedakan status sosial,” celetuk Temy pemilik Vespa Sprint tinggal di Cinere, Depok.

Contoh seperti yang lagi digandrungi saat ini, komunitas Campursari lagi pada getol pasang knalpot racing. Akibatnya, beberapa skuter pinggul besar lainnya juga ikutan pakai knalpot racing. “Dari Vespa baru sampai tua ikutan pasang,” ujar Leo lagi.

Menariknya lagi, knalpot yang mereka pasang juga bervariasi. Memang umumnya banyak yang masih mengandalkan knalpot lokal. Tapi jangan salah, ada juga lo yang nekad berburu knalpot skuter Italia branded sampai Singapura.

Di soal organisasi, komunitas Campusari enggak mau dibilang klub yang antar anggotanya harus terikat. Mereka lebih suka disebut sekumpulan pehobi Vespa dari berbagai aliran. Makanya pemilik Vespa yang ikutan nongkrong enggak terikat aturan harus kumpul setiap Jumat malam.

Bahkan, meski Vespa-nya sudah dijual atau yang dulunya punya sekarang tidak, si pemilik lama tetap masih diterima untuk nongkrong bareng. Jadi, memang begitu sangat mengedepankan azas pertemanan.

Keunikan lainnya, anggota komunitas ini juga aktif di beberapa klub lain. Baik itu berasal dari klub motor ata juga kumpulan roda empat alias mobil. “Kebetulan gue juga punya Vespa, buat nambah teman jadi ikutan nongkrong juga di Campursari,” urai Banon lagi yang juga anggota klub Holden Indonesia.

Meski begitu, anggota komunitas Campursari tetap solid. Mereka juga aktif bikin acara turing ke luar kota meski jaraknya enggak terlalu jauh. “Paling jalan ke Bogor untuk sekadar mengunjungi komunitas Vespa yang ada di Kota Hujan itu,” bilang Banon.

Kelebihan lain di komunitas ini adalah memiliki mekanik andalan yang juga ikut nongkrong. Jadi kalau Vespa bermasalah ketika turing atau lagi sekadar rolling di seputaran Jakarta, mereka enggak khawatir lagi. Pasti sudah ada yang siap menangani. “Masalah yang ada id Vespa itu enggak bisa ditebak,” ujar Kopral mekanik andalan Capursari.

Sebagai ritual akhir, nongkrong menjelang jam kecil biasa ditutup dengan menggelar rolling thunder. Rute langganan favorit adalah kawasan Blok M – Monas dan juga kawasan Kota. “Keliling Jakarta untuk relaksasi setelah nongkrong,” lanjut Banon.

Ada yang mau ikut?

Penulis/Foto : Belo/Boyo Emplus


Responses

  1. gua pengen ikut juga bang


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Nice Camp Outdoor Activities

Sewa Peralatan Kemping Kemah Camping, Sewa Tenda Kemping Kemah Camping

" BerScooTer KitA BeRsAudara "

"Jabat Erat PerSaudaraan scooterist"

%d bloggers like this: