Posted by: scootman | September 1, 2011

‘Presiden SBY Jadilah Bikers’

Yogyakarta – Seni dan kendaraan roda dua bisa menyatu dengan utuh. Motor pun bisa dipakai untuk menyalurkan kreativitas penggunanya. Hal itu lah yang ingin disampaikan para seniman dalam pameran The Art of Motorcycles; Tribute to Nur Kholis.

Nur Kholis, adalah seorang seniman yang karya seninya terpajang di sebuah museum ternama di Jepang. Nur Kholis juga adalah seorang pecinta motor sekaligus ketua organisasi motor tertua di Yogyakarta yang mengawali gagasan untuk membaca bahwa apa yang dilakukan para pecinta sepeda motor terhadap motornya adalah sebuah gerakan seni rupa.

Namun pada Jumat, 15 April 2011, Nur Kholis meninggal sebelum niatnya terwujud. Rekan-rekan seni rupa dan komunitas motor, beritikad mendedikasikan pameran ini sebagai penghormatan terakhir untuk beliau. Dan untuk itu, judul pameran ini di sepakati menjadi “The Art of Motorcycle; Tribute to Nur Kholis”.

Dalam siaran pers yang diterim penulis , Minggu (21/8/2011) ,momen penyelenggaraan pameran di Taman Budaya Yogyakarta yang bertepatan dengan peringatan dirgahayu kemerdekaan Republik Indonesia ke-66 adalah sebuah simbol parade kemerdekaan visual motor dalam kontekstual gerakan seni rupa khususnya di Indonesia.

Di dalam pameran ini pengunjung akan bisa menikmati karya-karya motor custom dari segala jenis motor dan merek.

Beragam karya seniman seni rupa ternama dan lebih dari 40 motor berbagai jenis akan dipamerkan kepada penikmat seni rupa dan motor.

Tampak juga beberapa karya yang secara aktual menyampaikan kritisi kepada pemerintah, salah satunya adalah karya Stefan Buana yang berjudul “Agar supaya SBY pemerintahanya tidak berjalan mundur dan selalu berjiwa muda – jadilah Bikers” karya sebuah jam roda yang berdetak mundur dan karikatur Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain itu nampak pula instalasi “Wayang Motor” karya perupa Ambar Pranasmara yang menampikan imaginasi harmoni mekanik antara seni budaya dan motor.

Pameran ini terbuka untuk pengunjung umum dan diselenggarakan di Taman Budaya Yogyakarta, Jl. Sriwedani no.1, Yogyakarta, dari tanggal 18 Agustus sampai 23 Agustus 2011.

Acara ini terselenggara atas dukungan dari Seniman Seni Rupa Yogyakarta, MAC (Motor Antique Club) Yogyakarta, JAC (Jogjakarta Automotive Club), Komunitas Custom Bike Builder Yogyakarta, Komunitas Hot Rod Yogyakarta dan Taman Budaya Yogyakarta.

sumber detikoto


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Nice Camp Outdoor Activities

Sewa Peralatan Kemping Kemah Camping, Sewa Tenda Kemping Kemah Camping

" BerScooTer KitA BeRsAudara "

"Jabat Erat PerSaudaraan scooterist"

%d bloggers like this: