Posted by: scootman | November 14, 2012

Busi Vespa Sering Rusak di Tengah Jalan?Trik Mengatasinya

Jakarta – Para pengguna Vespa biasanya sering direpotkan dengan busi yang cepat rusak. Acap kali pengguna Vespa mogok di jalan karena busi yang bermasalah.

Jangan khawatir, ada trik sederhana untuk mengatasi busi yang ngadat di tengah jalan. Adi, mekanik sekaligus pemilik bengkel khusus Vespa, Betawi Racing yang berada di jalan Utan Kayu, Jakarta Pusat, mencoba menjelaskan trik khusus bagi Otolovers semua khususnya para pecinta motor Vespa.

Trik sederhananya, kalau tiba-tiba Anda mengalami mogok di tengah jalan akibat busi yang rusak hal yang harus dilakukan yakni, lepas busi motor Vespa Anda, lap dengan kain kering dan ambil tang untuk memecahkan beling yang ada bagian atas busi.

Kalau sudah pecah, masukkan busi ke tempat semula dan coba hidupkan kembali mesin motor Vespa-nya.

“Beling yang ada pada busi motor itu kalau sudah dipecahkan bisa mengdiupkan masanya kembali. Motor jadi bisa hidup lagi, tapi ingat ini hanya untuk sementara sampai Anda menemukan bengkel terdekat untuk menggantinya,” kata pria kelahiran Jakarta, 22 November 1973 saat berbincang dengan detikOto.

Adi menjelaskan, rusaknya busi pada motor karena lapisan isolator pada busi tertutup oleh kerak atau kotoran hasil pembakaran di ruang blok mesin. Hal itu terjadi karena kualitas bahan bakar dan oli pelumas.

“Vespa itu motor 2 tak. Jadi bensin yang dibakarnya harus mengandung banyak oli. Jika menggunakan bensin dengan oktan rendah maka akan mempengaruhi komponen-komponen pembakaran,” katanya.

Sementara itu, untuk mengatasi adanya kerak pada busi (isolator) bisa dilakukan dengan cara membersihkannya secara rutin dengan menggunakan kuas dengan bensin atau bisa juga menggunakan sikat kawat.

Selain busi yang sering rusak, hal lainnya yang kerap sering terjadi pada motor Vespa yakni platina. Biasanya para pengguna Vespa sudah tau cara mengatasinya yakni dengan cara merenggangkan setingannya. Tapi itu dilakukan hanya dalam keadaan darurat hingga menemukan bengkel terdekat.

 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Nice Camp Outdoor Activities

Sewa Peralatan Kemping Kemah Camping, Sewa Tenda Kemping Kemah Camping

" BerScooTer KitA BeRsAudara "

"Jabat Erat PerSaudaraan scooterist"

%d bloggers like this: