Posted by: scootman | February 14, 2013

Wartawan Bagi-bagi Masker di Hari Kasih Sayang

Image

Jakarta – Banyak cara untuk menunjukkan kasih sayang pada sesama. Dan di hari valentine ini, puluhan wartawan membagikan ribuan masker untuk para pemotor.

Bertepatan dengan hari kasih sayang atau valentine yang jatuh pada Kamis (14/2), Forum Wartawan Otomotif (Forwot) menggelar aksi simpatik Forwot Care.

Sebanyak 50 wartawan yang tergabung di dalam Forwot dan simpatisan lainnya melakukan aksi simpatik dengan membagi-bagikan 1.000 masker dan 1.000 stiker safety riding kepada pengguna sepeda motor yang melintas di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.

Dalam aksi yang bekerjasama dengan Astra Honda Motor (AHM), Summit Oto Finance dan Ditlantas Polda Metro Jaya tersebut hadir Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Chrysnanda Dwilaksana.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Forwot Care 2013 Wahyu Sibarani, aksi simpatik sengaja dilakukan di hari kasih sayang atau valentine sebagai upaya untuk mengkampanyekan pentingnya rasa saling menyayangi antara pengguna jalan baik itu pejalan kaki, pengendara motor, pengendara mobil hingga pengguna transportasi umum.

Rasa saling menyayangi yang tumbuh di antara pengguna jalan diharapkan mampu menciptakan ketertiban lalu lintas dan menekan tingginya angka kecelakaan yang terjadi di jalan.

“Sesama pengguna jalan harus mampu menyayangi pengguna jalan lainnya seperti mereka menyayangi keluarga mereka sendiri. Semua pengguna jalan harus selamat sampai di rumah agar bisa tetap menyayangi keluarga mereka yang telah menunggu di rumah,” ujarnya.

Ketua Umum Forwot, Eri Haryoko, mengatakan, pembagian stiker dan masker kepada pengguna jalan merupakan bukti bahwa Forwot memiliki perhatian total terhadap keselamatan berkendara. Tidak hanya pada masalah keselamatan tapi juga kesehatan pengguna jalan khususnya pengendara motor.

“Acara ini merupakan bukti Forwot total terhadap keselamatan berkendara. Forwot peduli dengan kesehatan para pengendara motor yang rentan terhadap emisi gas buang yang amat berbahaya itu,” tegas Eri Haryoko.

Sementara itu Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Chrysnanda Dwilaksana mengapresiasi Forwot Care 2013. Menurutnya kampanye safety riding tidak serta merta merupakan monopoli pihak kepolisian. Peran aktif masyarakat dalam memberikan pengetahuan dan pendidikan safety riding yang benar akan sangat bermanfaat dalam memasyarakatkan safety riding. Ini sesuai dengan tujuan pihak kepolisian yakni menjadikan setiap orang menjadi pelopor keselamatan berkendara.

“Keselamatan para pengendara adalah hal yang utama,” ujar Kombes Pol Chrysnanda Dwilaksana.

Selain mengkampanyekan pentingnya safety riding, dalam aksi sosial tersebut Forwot juga memberikan masker kepada 1000 pengendara motor sebagai bentuk ungkapan kasih sayang. Pemberian masker ini menggantikan pemberian bunga mawar yang biasa dibagi-bagikan gratis di hari kasih sayang atau valentine.

Menurut Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC) Jusri Pulubuhu masker bagi pengendara motor merupakan salah satu cara penting untuk menjaga kesehatan pengendara motor. Menurut dia keselamatan berkendara tidak hanya diperoleh dengan tertib berlalulintas saja tapi juga bisa diperoleh dengan menjaga aspek kesehatan yang baik.

“Oleh karena itu penggunaan masker ketika mengendarai sepeda motor dijalan raya merupakan sikap bijak yang mutlak harus dimiliki oleh setiap pengendara motors atau biker,” tegas Jusri Pulubuhu.

Masker menurut Jusri Pulubuhu dapat menyaring debu, gas atau partikel-partikel beracun lain yang bertebaran di udara seperti karbon monoksida,nitrogen dioksida, hidrokarbon, timbal, dan karbon dioksida. “Semua zat tersebut sangat berbahaya misalnya CO (Karbon monoksida karena gas ini tidak berwarna, tidak berbau dan bersifat racun. Gas ini dihasilkan dari pembakaran tidak sempurna bahan bakar fosil, misalnya gas buangan kendaraan bermotor,” jelasnya.

Forwot Care sendiri merupakan aksi Sosial Forwot kepada masyarakat umum. Aksi ini merupakan kegiatan perdana dari 10 kegiatan yang akan digagas Forwot dalam merayakan satu dasawarsa Forwot yang jatuh pada April 2013 nanti.

10 program yang disusun untuk merayakan 10 tahun eksistensi Forwot, diantaranya, pelatihan berkendara aman untuk roda empat dan roda dua, Seminar, Workshop dan beberapa aktifitas sosial lainnya.

“Pada pelaksanaannya program Forwot di 2013 akan lebih banyak menjangkau daerah dan merangkul banyak pihak terkait. Dan puncak perayaaan satu dasawarsa Forwot akan dilangsungkan pada 30 April 2013, sekaligus meresmikan logo baru Forwot dan Re-launch Website Forwot.” terang Mardenny, Ketua Panitia Satu Dasawarsa Forwot.

Sumber : DetikOto


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Nice Camp Outdoor Activities

Sewa Peralatan Kemping Kemah Camping, Sewa Tenda Kemping Kemah Camping

" BerScooTer KitA BeRsAudara "

"Jabat Erat PerSaudaraan scooterist"

%d bloggers like this: