Posted by: scootman | January 11, 2017

10 Destinasi Wisata Kabupaten Pemalang yang Paling Mempesona

Jika biasanya kamu hanya numpang lewat saja di jalanan kabupaten Pemalang saat berkendara di Jalur Pantura, ada baiknya mulai saat ini kamu jadikan daerah ini sebagai singgahan sekaligus tempat melanglang buana. Pasalnya kabupaten di Jawa Tengah yang punya moto ikhlas ini memiliki banyak destinasi cantik yang sayang jika hanya dianggurkan saja.

Pemalang adalah kabupaten di ujung utara Jawa Tengah dan berbatasan dengan Laut Jawa serta diapit oleh kabupaten Tegal dan Pekalongan. Untuk memuluskan rencanamu melanglang buana di Kabupaten Pemalang, sebaiknya kamu ikuti dulu penelusuran Travelingyuk di kabupaten ini. Inilah 11 spot menarik yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Bukit Sukawera, Puncak Tertinggi di Pemalang Selatan Untuk Melihat Kerlip Lampu Kota

Mau ke bukit bintangnya Pemalang? Tempat yang keren dan bisa dikunjungi adalah Bukit Sukawera, sebuah bukit tertinggi di bagian selatan Kabupaten Pemalang. Secara administratif bukit ini masuk di dalam wilayah desa Sikasur, kecamatan Belik. Kebun teh dan hutan pinus adalah pemandangan umum yang bakal dilihat traveler saat datang kesana.

1

Bukit Sukawera sering digunakan anak muda untuk kemping lantaran pemandangan malam dari puncak bukit ini sangat keren. Berupa cahaya lampu dari kota Pemalang layaknya bukit bintang di kota lain. Apalagi kalau pagi hari kabut tipis yang menyelimuti lembah bukit ini menampilkan lukisan alam yang sangat indah dan bikin betah.

2. Menyambangi Curug Dhuwur Yang Punya Potensi Luar Biasa di Pemalang

Curug Dhuwur adalah salah satu air terjun di kabupaten Pemalang yang memiliki view paling keren sehingga sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi sebuah tempat wisata komersil. Terletak di Dukuh Karang Pucung, Desa Wanarata, Kecamatan Bantarbolang, Curug Dhuwur menjadi permata tersembunyi yang menunggu untuk digarap.

2

Saat ini untuk menuju ke Curug Dhuwur traveler harus melewati jalan dengan kondisi medan yang terjal. Mereka harus melewati perbukitan dan menyisir hutan kemudian dilanjutkan dengan menyusuri sungai. Mumpung masih sepi buruan kesini dan nikmati sendiri keindahan air terjun ini.

3. Pantai Widuri, Pantai Kece Dekat Jalur Pantura

Buat traveler yang tidak punya banyak waktu untuk menjelajahi spot-spot tersembunyi di kabupaten Pemalang bisa menjatuhkan pilihan dengan mengunjungi Pantai Widuri. Pantai ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi lantaran posisinya yang berada di dekat jalur Pantura. Dari pusat kota pantai ini hanya berjarak 3 km saja.

3

4. Gunung Gajah, Gunung yang Gagah Untuk Menyaksikan Alam Pemalang Dari Puncak Ketinggian

Kalau kamu adalah seorang traveler yang cinta dengan petualangan pasti ogah melewatkan trekking ke Gunung Gajah. Ini adalah gunung di desa Gongseng, kecamatan Randudongkal yang memiliki ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut. Tidak terlalu tinggi namun cukup menantang untuk didaki.

15871858_10212224005585999_4788452318883691815_n

Dinamakan Gunung Gajah karena gunung ini menampilkan siluet seperti gajah. Pada akhir pekan dan hari liburan akan ada banyak pecinta alam yang mendaki ke puncaknya untuk menyaksikan alam Pemalang yang begitu hijau. Bagi mereka yang hobi panjat tebing biasanya juga menggunakan tebing-tebing di gunung ini sebagai ajang berlatih.

5. Bukit Banowati Tempat Dimana Kamu Akan Melihat Keindahan Alam Pemalang Yang Menawan Hati

Bukit Banowati adalah salah satu bukit di kecamatan Watukumpul, suatu kecamatan di Pemalang yang wilayahnya didominasi dengan perbukitan dan pegunungan. Bukit ini secara administratif terletak di desa Majalangu dan menjadi salah satu tempat trekking favorit anak-anak muda lantaran pemandangan dari atas bukit yang indahnya luar biasa.

5

Bukit Banowati oleh masyarakat sekitar dijuluki dengan Gunung Hijau hal ini merujuk pada penampakan bukit yang jika dilihat dari kejauhan nampak begitu hijau. Bukit ini bisa traveler daki hanya dalam kurun waktu 2 jam saja. Dari puncaknya pemandangan seperti pantai Widuri dan sebagian kota Pemalang akan terlihat dengan jelas.

6. Mendaki Gunung Slamet via Jalur Jurang Mangu Ekstrim Seru!

Gunung Slamet menjadi gunung tertinggi di Provinsi Jawa Tengah yang berada di lima kabupaten salah satunya adalah Pemalang. Khusus di kabupaten ini terdapat jalur pendakian yang terbilang paling ekstrim diantara jalur lainnya. Jalur tersebut adalah jalur jurang mangu. Meski ekstrim namun pemandangan yang indah menjadi sisi lain dari pendakian lewat jalur ini.

6

Kebanyakan pendaki yang mau ke puncak Gunung Slamet selalu dianjurkan untuk melewati jalur Bambangan yang terletak di Purbalingga. Kalau toh mau mencari tantangan yang lain kamu pun bisa lewat jalur jurang mangu yang melintasi desa Gambuhan. Desa Gambuhan ini selain menjadi base camp pertama sebelum mendaki juga menjadi lokasi pos pengamatan Gunung Slamet.

7. Adu Nyali di Sungai Rompang yang Menantang

Destinasi berikutnya berhubungan dengan air dan arus serta kegiatan ekstrim. Yap, di kabupaten Pemalang kamu ditantang untuk menjinakkan arus sungai Rompang, itupun jika kamu punya cukup nyali untuk melakukannya. Langsung saja datang ke desa Lodaya, kecamatan Randudongkal yang berjarak sekitar 41 km dari pusat kota ke arah selatan.

7

Sungai Rompang memang telah dikenal sebagai spot rafting yang cukup menantang di Pemalang dengan jalur yang lumayan panjang sekitar 12 kilometer dan jeram-jeram ganas yang siap menggulingkan perahu karet. Sebagai bonusnya sepanjang bantaran sungai ini traveler akan dihibur dengan pemandangan yang ciamik. Musim hujan seperti ini ditengarai adalah waktu terbaik untuk melakukan kegiatan ekstrim ini sebab debit air sungai akan cukup besar dan lebih menantang.

8. Curug Sikijang, Traveler Harus Lincah Seperti Kijang Jika Mau Menikmati Air Terjun Indah Ini

Mau yang fresh dan sepi namun tetap memiliki estetika alam bernilai tinggi? Nah kamu bisa menyambangi Curug Sikijang, air terjun cantik yang masih perawan di kabupaten Pemalang. Curug ini terletak 38 kilometer dari pusat kota dan bisa dituju melalui tiga rute. Pertama melalui jalur barat lewat Bantarbolang, jalur selatan via Watukumpul dan jalur Comal yang dilewati di sisi utara.

8

Namun traveler yang sudah pernah ke curug ini menyarankan untuk lewat jalur Comal yang paling dekat. Rata-rata lewat jalur ini traveler bisa sampai di lokasi selama 1,5 jam perjalanan menuju ke tempat parkir. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan trekking lewat medan yang terjal dan menantang. Tak heran jika curug ini dinamakan Sikijang, lantaran untuk menikmatinya saja traveler harus rela menerjang banyak halang rintang bak kijang yang melompat-lompat.

9. Pantai Blendung, Pantai Yang Masih Sepi Cocok Untuk Menepi

Selain pantai Widuri ada satu pantai lainnya di kabupaten Pemalang yang menarik untuk dikunjungi. Pantai tersebut bernama Pantai Blendung yang terletak di timur laut Pemalang tepatnya di desa Blendung, Kecamatan Ulujami.

9

Bedanya pantai Blendung dengan pantai Widuri adalah suasananya yang masih sepi dan belum banyak pengunjung yang datang rekreasi ke sana. Artinya privasimu akan lebih terjaga dan cocok untuk kamu jadikan tempat menepi dari ramainya kehidupan kota. Berlibur di Pantai Blendung traveler akan mendapatkan ketenangan.

10. Menyambangi Kawasan Kaki Gunung Slamet dan Temukan Kebun Teh Semugih yang Menyegarkan

Gunung Slamet adalah gunung tertinggi kedua di pulau Jawa setelah Gunung Semeru di Jawa Timur. Gunung ini berada di lima kabupaten antara lain Purbalingga, Brebes, Banyumas, Tegal dan Pemalang. Hadirnya gunung Slamet di Pemalang menjadi berkah tersendiri utamanya bagi kawasan di kaki gunung yang terletak di Desa Banyumudal, Kecamatan Moga.

10

Kebun teh ini sudah dikembangkan menjadi agrowisata dengan menambahkan beberapa fasilitas pelengkap untuk kebutuhan traveler yang berkunjung. Mereka yang datang ke Agrowisata Kebun Teh Semugih bisa melakukan aktivitas outbond, flying fox, jembatan tali dan mengendarai ATV. Atau bagi yang suka bersantai sambil memandangi luasnya perkebunan teh yang menghijau ini bisa naik ke gardu pandang atau berkeliling dengan kereta wisata.

Tidak menyangka kan jika kabupaten Pemalang ternyata punya banyak sekali tempat keren, mana masih sepi-sepi pula pasti kamu puas deh ngetrip di sana. Buat traveler lain yang punya spot keren dan belum disebutkan atau diinformasikan , bisa menginformasikannya di kolom komentar.

Foto : Instagram  sumber : travellingyuk

 

 

 

 

Advertisements

Responses

  1. weh jalur pendakian jurangmang #jurangmanguadventurevillage masuk juga yah..asyik…asyik…min sekarang goweser dah bisa turun dari puncak slamet dg sepeda lho..#NSGAJurangmangu

  2. joss


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: