Posted by: scootman | July 2, 2017

Wisata Bersama Keluarga di Hutan Mangrove Pemalang

mang

Pemalang, – Potensi wisata di ujung pemalang tepatnya di ujung kali comal. Siapa tidak kenal kali comal, ya sebuah sungai terbesar di kabupaten pemalang yang dikenal masyarakat luas karena jembatan amblas pada saat musim arus mudik dan arus balik lebaran di tahun 2014 lalu. Tak disangka di ujung kali ini atau diujung sungai ini terdapaat harta karun yang sangat indah yaitu berupa hutan bakau yang masih alami membentang luas dan berbatasan langsung dengan jaut jawa atau laut utara pulau jawa. Suasana yang asri dengan diiringi suara deburan ombak dan angin yang bertiup sepoi-sepoi menjadikan menjadikan tempat ini sangat cocok digunakan sebagai tempat wisata alam yang sangat ideal duntuk melepas penat dari berbagai rutinitas kehidupan kita sehari-hari.
Di hutan mangrove ini masih terdapat beberapa jenis tumbuhan mangrove yang hidup subur antara lain bakau, api-api, pedada, dan tancang. Selain ada beberapa spesies mangrove ada juga spesies burung yang berhabitat di hutan mangrove tersebut. Jenis burung tersebut antara lain belibis, bangau, kuntul blekok, dan trintil.

14063961_10210813446282898_690729823844824171_n
Kawasan tersebut merupakan sebuah kawasan konservasi kerjasama dari fakultas kehutanan UGM, Pemerintah kabupaten pemalang, OISCA jepang dan kelp. Pelita Bahari. Akses menuju tempat wisata ini penggunjung menggunakan perahu dengan ongkos Rp.20.000 bolak balik. Untuk masuk kawasan hutan mangrove tidak dikenakan tariff masuk kawasan hutan mangrove sama sekali. Perjalanan dari penyeberangan desa mojo sampai lokasi wisata alam hutan mangrove ini memerlukan waktu 30 menit naik perahu menyusuri kali comal. Selama perjalanan pengunjung akan disuguhi pemandangan yang indah dengan adanya tambak-tambak budidaya bandeng dan udang vanamei.

Informasi Umum
Wisata Hutan Mangrove Mojo di Ulujami Pemalang Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Mojo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Propinsi Jawa Tengah, Indonesia. Wisata Hutan Mangrove Mojo di Ulujami Pemalang Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Wisata Hutan Mangrove Mojo di Ulujami Pemalang Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Pemalang tidak mengunjungi Wisata Hutan Mangrove Mojo di Ulujami Pemalang Jawa Tengah yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Hutan Mangrove Mojo di Ulujami Pemalang Jawa Tengah sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya. Keindahan Wisata Hutan Mangrove Mojo di Ulujami Pemalang Jawa Tengah ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Wisata Hutan Mangrove Mojo di kota Pemalang.


Lokasi
Dimana lokasi Wisata Hutan Mangrove Mojo di Ulujami Pemalang Jawa Tengah ? seperti yang tertulis di atas lokasi terletak di Desa Mojo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Propinsi Jawa Tengah, Indonesia. Tetapi jika anda masih bingung di mana lokasi atau letak Wisata Hutan Mangrove Mojo di Ulujami Pemalang Jawa Tengah saya sarankan anda mencari dengan mengetik Wisata Hutan Mangrove Mojo di Ulujami Pemalang Jawa Tengah di search google maps saja. Di Google maps sudah tertandai dimana lokasi yang anda cari tersebut.
Jadi sebenarnya wisata alam ini tidaklah baru namun karena kurangnya promosi dan juga pengembangan informasi dari sini lah sehingga penulis ingin menginformasikan wisata ini karena penulis sendiri asli pemalang, hehehee…

 
Daya Tarik
Wisata Hutan Mangrove Mojo di Ulujami Pemalang Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Hutan Mangrove Mojo di Ulujami Pemalang Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Pemalang juga terkenal akan Wisata Hutan Mangrove Mojo di Ulujami Pemalang Jawa Tengah yang sangat menarik untuk dikunjungi. dan di desa mojo sendiri sudah ada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) bernama “Mutiara Bahari” yang beranggotakan sekitar 30 orang .

Wisata Hutan Mangrove Mojo di Ulujami Pemalang Jawa Tengah memiliki luas kawasan mangrove di kabupaten Pemalang, sekitar 2.350 ha. Terdiri dari hutan mangrove seluas 410 ha, dan mangrove di pertambakan 1.940 ha. Kawasan mangrove pola empang parit (di pertambakan) terdapat di Kecamatan Ulujami, Kecamatan Petarukan, Kecamatan Taman dan Kecamatan Pemalang.

Hutan mangrove mempunyai potensi untuk pengembangan ekosistem mangrove, sedangkan dipertambakan mempunyai potensi wisata edukasi berupa budidaya kepiting dan ikan dengan pola silvo fishery. Selain itu potensi wisata alam dikawasan pantai yang dapat dikembangkan kawawasan hutan pantai yang berupa sabuk hijau cemara laut (casuarina equisetifolia).

Luas hutan pantai sekitar 82 ha atau sepanjang 20,5 km. Hutan cemara laut tersebut sebagian sudah dikembangkangkan menjadi obyek wisata yang dikelola oleh kelompok tani karena secara visual tanaman cemara laut mempunyai bentuk yang indah.

Fasilitas
Wisata Hutan Mangrove Mojo di Ulujami Pemalang Jawa Tengah bisa dibilang sebuah wisata alam yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

14055204_10210813442882813_8273645128494562873_n

– Area Parkir kendaraan

– Tempat Istirahat

– dan masih banyak lainya

Transportasi
Bagi wisatawan asal kota Pemalang sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasi Wisata Hutan Mangrove Mojo di Ulujami Pemalang Jawa Tengah. Akan tetapi bagaimana bagi wisatawan luar kota bahkan luar negeri, tentu mereka bingung dan takut kesasar. Tapi jangan khawatir bagi wisatawan luar kota Pemalang saya mempunyai solusinya agar anda semua tidak kesasar.

19429943_10213926798594760_2620535772955006278_n

Tentunya sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Wisata Hutan Mangrove Mojo di Ulujami Pemalang Jawa Tengah dengan memakai kendaraan pribadi seperti : Mobil atau motor pribadi. Anda bisa meminta panduan arah ke Wisata Hutan Mangrove Mojo di Ulujami Pemalang Jawa Tengah di google maps yang terpasang di smartphone anda. Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada memakai kendaraan umum.

Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umum seperti : bis umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar, pasalnya anda bisa berhenti di Kecamatan Ulujami. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi anda menuju Dermaga  hingga sampai di lokasi Wisata Hutan Mangrove Mojo di Ulujami Pemalang tersebut.

Saran dan Tips
Saran dan tips sebelum menuju ke tempat Wisata Hutan Mangrove Mojo di Ulujami Pemalang Jawa Tengah, anda perlu mempersiapkan keperluan yang akan butuhkan seperti membawa bekal, air minum dan lainnya. Serta beberapa barang tambahan seperti kamera karena anda pasti ingin mengabadikan moment bersama kelurga ataupun teman – teman anda.

Jangan lupa bawa perlengkapan kesehatan (contohnya adalah sabun, tissue basah, obat-obatan, antiseptik). Siapkanlah fisik dan kendaraan anda supaya liburan anda berjalan dengan lancar. Jaga kondisi diri anda dan selalu berhati – hati.
Peta Lokasi

peta mojo

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Wisata Hutan Mangrove Mojo di Ulujami Pemalang Jawa Tengah yang dapat saya informasikan . Semoga bisa menginspirasi anda semua untuk mencoba berwisata ke Wisata Hutan Mangrove Mojo di Ulujami Pemalang Jawa Tengah. Sebagai referensi inilah kumpulan wisata wisata terindah di kota Pemalang, Jawa Tengah. Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat untuk anda semua. ( Kik )

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Nice Camp Outdoor Activities

Sewa Peralatan Kemping Kemah Camping, Sewa Tenda Kemping Kemah Camping

" BerScooTer KitA BeRsAudara "

"Jabat Erat PerSaudaraan scooterist"

%d bloggers like this: