Posted by: scootman | May 1, 2018

Kompetisi Barista Dalam Meracik kopi dalam Pemalang Fun Battle Manual Brew 2018

Pemalang , Kini teknik penyeduhan kopi juga semakin beragam, bahkan semakin banyak alat yang diciptakan demi menghasilkan secangkir kopi yang berkualitas dan enak

Secangkir kopi kini nggak lagi sekedar untuk memenuhi kebutuhan akan kafein. Atau datang ke kafe yang makin menjamur dan meminta barista untuk menyeduhkan secangkir kopi. Tapi kini teknik penyeduhan kopi juga semakin beragam, bahkan semakin banyak alat yang diciptakan demi menghasilkan secangkir kopi yang berkualitas.

Barista dituntut untuk ahli dalam mengoperasikan alat seperti mesin espresso demi menghasilkan secangkir espresso yang nikmat. Belakangan fenomena ini, malah sedikit berubah dan muncul fenomena baru dalam dunia seduh-menyeduh kopi yang dikenal dengan istilah manual brewing.

Alat-alat seduh yang digunakan dengan manual brewing berhasil menarik perhatian para pecinta kopi terutama sang penyeduh atau brewer untuk bisa memamerkan keahliannya dalam menyeduh kopi. Kamu sebagai pecinta kopi juga bisa melihat gerak tangan yang lincah dari sang penyeduh saat menggunakan alat seduh demi menyajikan secangkir kopi di hadapanmu.

Berawal dari fenomena yang lagi happening inilah, sebuah komunitas barista dan pecinta kopi Pemalang , yang dibentuk pada bulan Agustus tahun 2017 dan diberi nama Komunitas Barista Pemalang , tergelitik untuk mengangkat perihal seduh-menyeduh ini ke dalam suatu kompetisi yang menarik dan mengenalkan Kopi Asal dari Pemalang yaitu Kopi dari Gunungsari Pulosari Pemalang

Event yang diadakan perdana kalinya , Komunitas Barista Pemalang mengadakan sebuah acara ‘Mayday Coffe event ‘ Bertajuk Pemalang Manual Brew Fun Battle 2018 pada tanggal 1 Mei , bertempat di Komplek Disnaker Pemalang
Acara ini bisa dibilang sebagai ajang uji keahlian para barista dan penyeduh kopi untuk bisa membuat secangkir kopi dengan Manual brew Kompetisi dengan konsep Fun Battle ini memberikan kesempatan kepada 36 peserta (barista dan brewer) untuk saling beradu w lawan 2 pada setiap sesi. Oleh karena itulah acara ini diberi nama Fun Battle. Setiap sesinya masing-masing peserta diberi waktu selama 10 menit, 3 menit untuk persiapan dan 7 menit proses penyeduhan kopi.

“Kompetisi ini buat ajang kumpul para barista maupun brewer di Pemalang dan kota terutama yang mempunyai basic manual brewing supaya tetap solid dan makin memperdalam ilmu penyeduhan,” kata Heri Telez , salah satu panitia Pemalang Manual Brew , Selasa (1/5).

Pukul 10.00 WIB, para peserta langsung melakukan pemanasan dengan cupping (nyicip kopi) selama 5 menit. Baru deh setelah itu mereka siap battle dengan aeropress yang sudah disediakan. Teriakan dan tepuk tangan penonton makin memanaskan suasana. Juri berpengalaman yang berjumlah 6 orang dan ditambah Petani kopi dari Pulosari Pemalang juga sudah siap untuk menilai secangkir kopi hasil ‘pressing’ peserta
3 pemenang akan berkesempatan mendapatkan hadiah berupa piala dan Uang Pembinaan . Kompetisi ini juga akan diramaikan dengan diskusi Koffie Talks, Bazar Kopi . Nggak hanya itu, para penonton pun dihibur Oleh beberapa grup Band dari Kota Pemalang ,Penonton juga bisa merasakan coffee hasil seduhan barista dari yang ikut kompetisi ini . Gimana? Kebayang kan riuhnya kompetisi ini?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: