Posted by: scootman | May 15, 2018

Adanya Teror Bom di Surabaya, Warga Pemalang  Gelar Doa Bersama

Teror bom di Surabaya yang menyasar tiga gereja di pada Ahad pagi, 13 Mei 2018, memantik rasa geram sekaligus duka mendalam di hati masyarakat dari beragam kalangan dan di berbagai penjuru.

Di Kabupaten Pemalang, sejumlah masyarakat langsung menggelar aksi solidaritas sekaligus doa bersama untuk para korban serangan teror di Surabaya. Aksi solidaritas itu diselenggarakan di Alun Alun Pemalang pada Senin petang. Adapun pesertanya dari Aksi Solidaritas dari Masyarakat Sipil Yaitu dari perwakilan beberapa Komunitas yang ada di Pemalang ,KKMK (Komunitas Karyawan/karyawati Muda Katolik) Pemalang, Komunitas Pemalang Bersatu, Pegiat Medsos , Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Barisan Ansor Serbaguna (BANSER), IPNU, dan lain-lain.

Masyarakat Sipil Pemalang disini merupakan orang-orang berbagai agama, Lintas Komunitas dan Perorangan selain menggelar doa bersama dan menyalakan lilin, juga menuliskan kalimat dalam sebuah kertas berwarna putih #KAMITIDAKTAKUT
Selain itu, Dalam Aksinya diawali menyanyikan Indonesia Raya . Selanjutnya, masing-masing menyuarakan pendapatannya terkait aksi teror tersebut. “Kami turut berbelangsungkawa mendalam terhadap keluarga dan korban tragedi bom gereja yang meninggal dunia maupun yang menderita luka-luka di tiga gereja di Surabaya,” ungkap pendeta Frans Kristi Adi dari Gereja Santo Lukas Kota Pemalang

Ia mengecam keras aksi terorisme, terlebih jika masuk di Kota Pemalang. Pihaknya juga melawan radikalisme yang berusaha melemahkan NKRI.
Karena itu, umat beragama dan kepercayaan diharapkan tetap tenang dan menjalankan kegiatan ibadah. Juga bersama-sama mendoakan untuk keamanan Indonesia.
“Percayakan kepada pihak Polri bahwa mereka akan melindungi dan menjamin keamanan dalam menjalankan kehidupan beragama sesuai dengan kepercayaannya masing-masing,” imbuhnya. “Dengan ini kami tidak takut teror dan akan melawan radikalisme,” tutup Romo Frans Kristi.

Dalam ruangan temaram, forum yang mengusung nama Masyarakat Sipil Pemalang Menolak Anti Terorisme dan Radikalisme itu mengawali aksi solidaritasnya dengan menyalakan lilin bersama sebagai simbol duka sekaligus optimisme bahwa cahaya kedamaian dapat mengalahkan semua kekejian paham terorisme dan radikalisme.
“Meski yang hadir di sini dari beragam latar belakang dan berbeda dalam hal keyakinan, semua punya satu tujuan untuk menjaga dan merawat kebhinekaan Indonesia. Kami bersatu di sini untuk menyatakan terorisme sebagai musuh bersama. Kami berani, tidak takut sedikit pun,” kata Koordinator Aksi Adhe Candra

Dalam aksi yang berlangsung sekitar 2 jam itu, seluruh peserta juga secara kompak menyatakan sikap mengutuk keras tindak pidana terorisme yang belakangan ini marak di Indonesia, termasuk serangan bom di tiga gereja di Surabaya yang memakan 10 korban meninggal dan puluhan korban luka-luka.
Masyarakat Sipil Pemalang Anti Terorisme dan Radikalisme itu juga meminta aparat keamanan segera mengambil langkah preventif terhadap simpul-simpul pergerakan radikalisme di Pemalang dan di seluruh Indonesia sebelum bertumbuh menjadi tindak pidana terorisme.
Sementara itu, aksi ini juga mendapatkan pengawalan ketat oleh polisi dari Polres Pemalang dengan senjata lengkap beberapa personel Kodim Pemalang

Aksi solidaritas atas tragedi bom di Surabaya tersebut ditutup dengan doa lintas keyakinan secara bergantian. Tidak sedikit peserta yang meneteskan air mata saat menundukkan kepala sambil mengamini doa-doa baik yang dipanjatkan para tokoh yang mewakili agama masing-masing.

“Semoga aksi solidaritas semacam ini juga dilakukan di seluruh Indonesia. Jangan diam melihat semua kekejaman yang tidak dibenarkan dalam ajaran agama manapun,” kata salah satu peserta aksi, Heryanto.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: