Posted by: scootman | July 19, 2018

Temu Pegiat Medsos Pemalang dan Diskominfo jateng

37575189_2048205895212955_6894582061055606784_n

Salah satu narasumber dari Relawan TIK Pemalang

Dinas Kominfo Jateng mengajak satu minggu yang lalu tepatnya Kamis tanggal 12 Juli 2018 Mengajak generasi muda bijak dalam menggunakan internet dan berpendapat di media sosial dalam acara yang diadakan di Wapres Jk 2 di Komplek Kantor Kabupaten Pemalang . Acara yang bertemakan   “Sosialisasi Kebijakan dan Hasil Pembangunan Melalui Komunitas Media” ini juga dihadiri oleh , Dra. Evi Sulistyorini, MM selaku Kabid Informasi dan Pelayanan Publik Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Jawa Tengah yang mewakili Kepala Diskominfo Jateng menyampaikan yang berhalangan hadir, Perwakilan Diskominfo Pemalang dan Kota Tegal, Puspindes,relawan TIK Pemalang dan peserta yang sudah terdaftar sekitar 70 orang dari berbagai kalangan baik pelajar dan masyarakat umum.

37565487_2048205138546364_4238920279184637952_n

Dra. Evi Sulistyorini, MM selaku Kabid Informasi dan Pelayanan Publik Kominfo Jateng 

Dalam sambutannya Ibu Evi  mengatakan “bahwa potensi lokal akan lebih bisa dikenal dengan media sosial.Dengan kegiatan Sosialisasi ini maka diharapkan  pengguna medsos bisa memanfaatkan internet dengan sebaik baiknya.

sebagai sebuah program nyata Pemrov Jateng saat ini sudah aktip diberbagai platform media Sosial biar masyarakat luas juga mengetahui,serta menggunakan media sosial untuk pengaduan. Dalam Sosialisasi ini  merupakan upaya untuk melihat sosial media kita agar menjadi tempat untuk menyampaikan informasi yang baik dan benar, melahirkan inovasi baru, bertukar gagasan, dan menghargai perbedaan pendapat dengan cara yang santun,”Ucapnya

Ibu Evi juga menuturkan Kota Pemalang akan menjadi Tuan Rumah dalam HUT Hari Jateng yang ke 68 dan nanti akan diadakan Pesta Rakyat 2018 diadakan nanti pada tanggal 18-20 Agustus 2018 mendatang, dan diharapkan komunitas pegiat medsos ikut membantu memberikan infomasi dalam kegiatan tersebut.karena akan diikuti oleh kabupaten kabupaten di Jawa Tengah, maka dari itu agar bisa mempromosikan Kota Pemalang baik dari Wisata,budaya maupun kulinernya .

“Relawan TIK dan Program Pusat Pemberdayaan Informatika Dan Desa (Puspindes) Kabupaten Pemalang, saat ini sudah terkenal baik di lingkup Jawa Tengah maupun pada skala nasional. Puspindes Pemalang menjadi salah satu nominator mewakili Indonesia yang masuk dalam WSIS 2018 di SWISS”ucapnya.

Media Sosial seperti Blogger / Portal hari ini sudah dipandang sebagai media informasi yang dipercaya masyarakat dunia maya. Sehingga sudah seharusnya para blogger menuliskan informasi yang benar dan bermanfaat bagi para pembacanya.

 

Selain mendapatkan 3 materi yang sudah disiapkan, peserta juga berkesempatan mendapatkan berbagai macam doorprice  menarik yang disiapkan oleh panitia.

IMG-20180713-WA0108

Narasumber dari Blogger dengan materi Jurnalisme Warga

Setelah sesi sambutan dan pembukaan selesai, acara  dilanjutkan materi pertama oleh yang. Dalam kesempatan ini Saya sendiri (Blogger)  membawakan materi tentang Penggunaan Media Sosial untuk Jurnalisme Warga (Citizen Journalism) dan Menangkal Hoax dalam hal ini penulis yang akan menerbitkan suatu konten baik dalam blog pribadinya maupaun portal media online harus mengedepankan W5H1 ,sebelum media sosial tidak seraamai sekarang Jurnalisme identik dengan wartawan tapi untuk sekarang semuaorang bisa asal dalam penyampaiannya juga susuai konten .Setelah itu dilanjutkan materi kedua yang disampaikan oleh Solikhin atau biasa di Panggil Massol   yang membawakan materi tentang etika dalam bermedia sosial dalam hal inidia menjabarkan dengan fenomema yang sering terjadi ketika suatu yang lagi rame (Viral) terkadang orang akan cepat membagikannya,dia juga bercerita sebagai admin akun Publik di Pemalang yang followernya sdah ribuan banyak diminta tolong dalam menyampaikan sebuah Informasi baik dalam Lowongan Pekerjaan, Berita kehilangan dan masih banyak lainnya.

IMG-20180713-WA0109

Narasumber kedua dari Relawan TIK

Media sosial saat ini merupakan bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia, khususnya anak- anak muda perkotaan. Lebih dari 132 juta populasi Indonesia, atau sekitar 51% dari total populasi Indonesia terhubung satu dengan yang lainnya melalui dunia maya dengan berbagai perangkat- perangkat digital. Pada sisi lain, dinamika politik, ekonomi, serta sosial di Indonesia yang tinggi, bahkan penuh kompetisi, membuat atmosfer media sosial Indonesia belakangan ini menjadi riuh rendah.

Materi yang ketiga dibawakan oleh Wahyu Sukma Wardono atau biasa dipanggil Ardho dari GRMS  Jawa Tengah yang menangani tentang aduan masyarakat warga masyarakat Jawa tengah.

IMG-20180713-WA0110

Narasumber ketiga oleh Wahyu Sukma wardono

Dia menghimbau masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosialnya agar dapat mengamplifikasi pesan-pesan positif. Dalam hal ini dia menyampaikan tentang #KemalaJateng adalah Hastag atau tagar agar lebih mudah dicari akan meneruskan laporan masyarakat ke Dinas dinas Terkait .Dia menambahkan hampir semua Instansi di Jawa Tengah sudah menggunakan Akun akun Publik supaya warga juga cepat dalam menerima sebuah informasi.

Untuk saat ini yang sudah dilakukan Oleh Gubernur Jawa Tengan Ganjar Pranowo Juga aktip dalam bermedia sosial sebelumnya sudah memberikan perhatian terhadap berbagai upaya untuk mengedukasi dan mensosialisasikan penggunaan sosial media secara lebih bijak dan positif. Seperti yang dilakukan baru-baru ini melalui Sosialisasi hasil Pembangunan di Prpinsi Jawa Tengah di Pemalang  yang selanjutkan akan dilanjutkan di Kota Lainnya. Pemrov Jateng konsisten akan terus mendukung gerakan ini sebagai bentuk tanggung jawab sosial dalam rangka memberikan manfaat positif dari perkembangan dunia digital, termasuk sosial media, kepada masyarakat Indonesia Khususnya Jawa Tengah.

 

Acara juga diisi Interaktif dari masing masing pemateri dengan membuka tanya jawab oleh peserta dan narasumber,acara ditutup dengan Foto bersama semua peserta dan Narasumber.(Kik) 

 

 

Advertisements

Responses

  1. Halo mas, Bagaimana caranya mendaftar jadi member ya?
    tolong dibantu sedikit arahan nya ya mas. thanks


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: